Sunday 3 March 2013

INSTALL VIRTUAL BOX pada PC

Kalau kata Wikipedia, Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS Windows yang terpasang di komputernya, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. 
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.

Udah ngerti kan?
Sekarang belajar cara nginstall virtual box pada PC yuk. Simak nih step by step..
1. Harus punya master virtualbox.exe dong. Cari dimana? Minta temen. Pada ngga punya? Yaudah download aja. :D Kali ini saya  menggunakan Virtual box seri 4.2.8

2. Kalo udah punya, langsung buka yuk kita mulai proses.
Setelah keluar tampilan seperti diatas, cus klik next!

3. Maka akan keluar tampilan seperti di bawah ini.
Tampilan ini gunanya untuk mengatur dimana file virtual box kita akan disimpan. Tentukan lokasi yang kamu inginkan, setelah selesai, klik next ya.

4. Lihat tampilan berikutnya
Kalo yang ini cuma buat nampilin shortcut di dekstop dan di quiq launch bar. Kaih tanda cheklist aja di kotaknya kalo emang pengen nampilin. Jangan lupa klik next lagi ya.

5. Nah, kalo udah muncul yang kaya begini ni,
Langsung di Yes aja.

6. Selanjutnya untuk menginstall, klik install. Kalo mau batal ya klik cancel, hehehe.
Tapi disini saya klik install.

7. Nah, proses install sudah dimulai. Karena memakan waktu cukup lama, mending ditinggal makan atau olahraga dulu aja deh.

8. Setelah proses install selesai, klik finish langsung aja ya.

9. Nah, selesai sudah menginstall Virtual Box di PC. Ini tampilan terakhirnya
Selamat mencoba yaa!! :D




No comments:

Post a Comment