Sunday 7 April 2013

Browsing dengan UBuntu 9.10 dalam Virtual Box dengan motode NAT

Bonjour mes amis! :D
Kali ini saya akan sedikit memberikan ilmu pengetahuan yang saya miliki. Yaitu, browser dengan UBuntu 9.10 yang berada dalam Virtual PC dengan metode NAT. You know NAT? Network Address Translation (NAT) itu adalah suatu metoda pokok yang memungkinkan komputer yang mempunyai address yang tidak terdaftar atau komputer yang menggunakan address private, untuk bisa mengakses Internet.
Pada metode ini, OS Ubuntu bertindak sebagai  OS Guest, dan OS Hostnya adalah Windows 7 pada PC saya sendiri.
Disini, kita tidak perlu setting IP Address pada UBuntu, karena istilahnya UBuntu disini "menumpang" pada Windows 7.
Langkah pertama, anda harus mengkoneksikan OS Host dengan internet, kali ini saya menggunakan modem untuk perantaranya




Setelah connect, kita setting Network pada Ubuntu dulu sebelum menjalankannya. Pada OS Ubuntu, klik setting > Network > NAT. Lihat gambar dibawah ini:
Lalu, kita dapat mulai menjalankan Ubuntu, hingga tampak tampilan utamanya.
Baiklah, sekarang kita coba untuk menguji apakah Ubuntu sudah siap digunakan untuk browsing? Kita dapat mengujinya melalui 2 cara, pertama dengan Test Ping
Test Ping dilakukan dengan cara pilih Accessories > Terminal > kemudian ketikka perintah ping(spasi)alamat tujuan. Kali ini saya menuliskan www.google.com sebagai alamat tujuan. Lihat gambar dibawah ini
Ternyata sudah berhasil :)

Sekarang kita dapat browsing menggunakan Mozilla Firefox yang disediakan dalam UBuntu :)
Sangat mudah bukan?


S E L A M A T
M E N C O B A



No comments:

Post a Comment